Jumat, 24 April 2015

Screening Test Schlumberger

Halo, hari ini aku mau cerita tentang pengalamanku ikut tes masuk Schlumberger. Oh ya kenalin dulu aku lulusan dari Teknik Geologi UGM. Tahun lalu sekitar bulan September 2014 aku ikut seleksi masuk Schlumberger. Waktu itu aku mendaftar untuk posisi Petro Technical Engineer (PTE).
Informasi lowongan kerja tersebut aku dapat dari Job fair di UGM. Pertama upload CV di web Schlumberger dan mengisi beberapa form yang sudah disediakan. kemudian ketika proses sudah berhasil kita akan diemail verifikasi. Sehari kemudian udah ada pengumuman bahwa aku di panggil untuk mengikuti first screening test vie email. First screening tersebut meliputi communication skills, Aptitude Test, dan FGD. Seluruh tes tersebut dilaksanakan di University Club Hotel Yogyakarta.
Hari berikutnya aku dateng jam 07.30 karena acara mulai jam 08.00. Jumlah pendaftar yang terpanggil kurang lebih ada 300 orang. Kemudian sebelum tes kami dikasih arahan dan video tentang apa itu Schlumberger. Setelah selesai baru deh tes yang pertama dimulai yakni communication Skill (tes kemampuan komunikasi)

1.    Communication Skill
Pertama kami dibagi berdasarkan nomer yang kami dapet pas registrasi. Jadi jumlah orang dari HRD yang bakal nguji kami itu ada 3 orang. Misal no 1-100 akan di uji oleh HRD 1, 101-200 oleh HRD 2, 201-300 oleh HRD 3. Waktu itu kebetulan semua HRD nya perempuan. Setelah antri akhirnya giliranku buat maju. Posisi tes nya adalah berdiri sedangkan pengujinya duduk di depan meja. Pertama aku disuruh memperkenalkan diri dalam bahasa inggris. Kemudian disuruh milih 1 gambar dari beberapa gambar yang ada di meja. Setelah beberapa saat akhirnya aku milih gambar payung. Oh ya berdasarkan cerita teman2 yang lain, ada juga yang  gambarnya dipihkan oleh penguji bukan kita  yang pilih sendiri. Dari gambar tersebut aku diminta untuk berbicara apa saja tentang payung selama 2 menit dalam bahasa inggris. Setelah selesai tinggal nunggu pengumuman.

2.    Aptitude Test
Setelah beberapa jam nunggu akhirnya pengumumannya di tempel di kaca depan ruangan. Namakupun ada di salah satu kertas tersebut. Aku lolos. Sekitar 150 orang yang masuk ke tes Aptitude. Kemudian akupun masuk lagi ke ruangan untuk tes selanjutnya. Setelah semua peserta masuk, kami dibagikan kertas soal dan lembar jawaban. Aptitude test tersebut berisi soal gambar, mekanik, fisik, dan logika. Semua soal tersebut menggunakan bahasa inggris. Kalo menurutku soal Aptitude ini cenderung sulit dibandingkan dengan tes tes aptitude lain. Setelah beberapa puluh menit kami mengerjakan akhirnya selese dan lembar jawabanpun dikumpulkan. Sekitar 1 jam kemudian pengumuman untuk Tes Aptitude suda tertempel di kaca depan ruangan. Akupun lolos ke tahap selanjutnya.

3.    FGD
Dari 150 orang yang ikut Tes Aptitude, tersaringlah sekitar 60an orang yang masuk ke sesi FGD. Disitu kami dibagi menjadi beberapa tim. Satu tim terdiri dari 6 orang. Pada saat itu aturan dalam FGD semua percakapan dan diskusi menggunakan bahasa inggris. Apabila ada salah satu dari anggota tim yang ketahuan menggunakan bahasa indonesia satu kata saja, maka semua anggota tim tersebut akan di diskualifikasi. Akhirnya kamipun dibagikan lembar kertas yang berisi perintah dan petunjuk kerja. Disitu kami diminta untuk membuat suatu jembatan dengan dimensi yang sudah ditentukan dan jembatan tersebut harus bisa dilewati oleh mobil-mobilan kecil mainan. Bahan yang digunakan untuk membangun jembatan tersebut adalah beberapa lembar kertas, sumpit kayu 1 pasang, gelas air minum dari plastik 2 buah dan isolasi 1 buah. Alatnya hanya ada gunting. Selama sekitar 15 menit kami diskusi untuk desaign jembatan dan 20 menit untuk eksekusi. Kemudian setelah jadi, kami diminta untuk mempresentasikan hasil dari kerja tim kami. Selama proses tersebut semua HRD berkeliling dan menilai kami. Sampai diakhir penilaian akhirnya ada ada beberapa orang yang masuk yang sesi berikutnya yakni sesi presentasi dengan tema tertentu dan akan dilaksanan di hari berikutnya. Akupun gak lolos ke sesi presentasi tersebut jadi gak bisa banyak bercerita disini.

Berdasarkan cerita dari teman2 yang lolos, setelah presentasi tersebut, apabila lolos akan langsung wawancara HR dan User. Semoga aku bisa ikut recruitment Schlumberger ini sampai ke tahap2 selanjutnya. Aku percaya bahwa ikhtiar takkan pernah menghianati hasil. Selamat membaca kawan-kawan semoga bermanfaat. 


1 komentar:

  1. Maaf mbak, kebetulan saya akan mengikuti tes tersebut, apakah hari 1 benar sampai malam?

    BalasHapus

Aku Tak Butuh Teman

Assalamu'alaikum guys! Apa kabar kamu? iya, kamu :) #apasihDan :p Hari ini hari jumat kan ya, mumpung lagi selow dan ada ide buat nul...